Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Es Podeng Sederhana, Tampilan Biasa Tapi Rasa Istimewa

Resep Es Podeng Dengan Isian Lengkap Dengan Buah Juga Asli Enak, Kuliner Khas Dalam Negeri Yang Patut Dicoba. Apa anda pecinta minuman dingin seperti es buah, cendol dan doger..? Jika iya, anda jangan sampai melewatkan variasi resep es yang satu ini yaitu es podeng. Barangkali anda baru pertama kali mendengar sajian es segar ini. Memang masih banyak yang belum begitu familiar dengan minuman dingin ini. Maka dari itu, kami akan mengulas informasinya dulu agar anda semakin tambah wawasan mengenai aneka hidangan es di Indonesia.

Gambar Resep Es Podeng Terkenal Di Jakarta

Konon, kata podeng berasal dari bahasa Prancis yang berarti puter, maksudnya adalah proses pembuatan es krim dengan teknik pemutaran terus menerus. Sebenarnya bisa dikatakan nama lainnya adalah es puter. Namun ada juga yang mengatakan nama podeng berasal dari madura. Kudapan dingin ini sangat populer di Jakarta selain es buah dan es cendol sehingga tak heran jika dalam berbagai acara, es ini dijadikan menu pencuci mulut.

Es ini hampir mirip dengan es teler namun ada perbedaan di bahan isiannya. Es podeng memakai tambahan isi kelapa serut, agar-agar, kacang tanah dan es puter itu sendiri. Kunci utama dari nikmatnya minuman ini ada pada es puternya. Membuatnya memang perlu proses yang cukup lama, tentu juga dengan takaran bahan yang pas. Sekarang ini sudah ada mesin yang memudahkan, biasanya membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Jika ingin menikmatinya, anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak karena minuman ini terbilang murah berkisar 5-10 ribu. Meskipun banyak bermunculan banyak es krim baik dari dalam dan luar negeri, es tradisional ini masih diminai banyak orang. Nahh jika ternyata anda belum pernah mencicipinya, kami sarankan untuk untuk mencobanya. Kalau disekitaran anda masih belum ada yang jual, bikin sendiri aja. Nggak sulit kok untuk membuatnya, untuk es puter bisa beli yang siap saji saja.

BAHAN YANG DIPERSIAPKAN :
  • 500 gram avokad yang sudah matang, ambil daging dan potong dadu
  • 300 gram daging buah kelapa muda, keruk kasar
  • 150 gram gula pasir
  • 50 gram kacang tanah, sangrai dan belah 2 bagian
  • 2 bungkus agar-agar bubuk warna merah/sesuai selera
  • 4 lembar roti tawar,buang kulitnya, potong dadu ukuran 1 centimeter
  • 1 liter air
  • es batu secukupnya (optional)
  • cokelat meises secukupnya
  • susu kental manis cokelat secukupnya
  • es puter rasa vanili atau sesuai selera, siap pakai secukupnya
CARA MEMBUAT ES PODENG :
  1. Terlebih dahulu siapkan loyang persegi lalu bagian alasnya dibasahi sedikit air. Sisihkan dulu.
  2. Tahap selanjutnya, campur gula pasir dengan agar-agar dan air dalam panci. Rebus sampai mendidih dan gula larut.
  3. Jika sudah, angkat lalu tuang adonan kedalam loyang. Diamkan beberapa saat sampai uap panas hilang dan adonan jadi mengeras.
  4. Setelah itu, agar-agar yang telah mengeras dikeluarkan dari loyang kemudian potong dadu ukuran 1 centimeter.
  5. Untuk penyajian, siapkan mangkuk saji, masukkan puding merah, avokad, kelapa serut, roti tawar dan es puter.
  6. Tambahkan es batu sesuai selera. siram dengan susu kental manis secukupnya lalu beri taburan meses beserta kacang tanah.